Bimtek Pemeriksaan Pajak

GUNUNG TINGGI – Sistem perpajakan di Kabupaten Tanah Bumbu yang berlaku saat ini adalah sistem Self-Assessment dan Official-Assessment. Untuk sistem Self-assessment sendiri merupakan sistem pemungutan pajak yang memberikan kepercayaan kepada Wajib Pajak (WP) untuk menghitung, membayar, dan melaporkan sendiri jumlah pajak yang seharusnya terutang berdasarkan peraturan perundang-undangan perpajakan. Karena sistem perpajakan yang dianut, memberikan hak kepada Wajib Pajak untuk menentukan sendiri jumlah pajak terutang, maka kepatuhan Wajib Pajak merupakan hal yang sangat penting demi terlaksananya sistem perpajakan dengan baik dan benar.

Apa yang dapat dilakukan oleh Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah untuk menguji tingkat kepatuhan setiap Wajib Pajak? Salah satu tindakan yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan Pemeriksaan Pajak.

Hal tersebut lah yang coba disampaikan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan pada Bimtek Pemeriksaan Pajak yang di wakilkan oleh Sukis, Bobi M. Setiawan dan Anang Aris Wibowo. Bimtek tersebut dilaksanakan di ruang rapat Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah selama 4 (empat) Hari, tanggal  01 Mei s.d 04 Mei 2018 yang dihadiri oleh Pejabat dan Staf Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah.

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan berharap setelah bimtek ini Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah siap membuat payung hukum berupa SK Bupati dan melakukan diklat Pemeriksa Pajak sehingga sebelum akhir tahun 2018 Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah dapat menguji kepatuhan wajib pajak di Kabupaten Tanah Bumbu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *