Sosialisasi Pajak MBLB di Kusan Hilir

KUSAN HILIR – Kecamatan Kusan Hilir mengadakan Sosialisasi tentang Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan (MBLB) tanggal 18 April 2018 bertempat di Gedung 07 Februari Pagatan. Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah berkesempatan memberikan materi dalam kegiatan tersebut tentang proses perhitungan dan pemungutan Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan.

Acara Sosialisasi tentang Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan (MBLB) di hadiri Kepala Desa dan Lurah, Sekretaris Desa dan Bendahara Desa Lingkup Kec. Kusan Hilir dan juga di undang dari Kantor Pajak Pratama Batulicin untuk menyampaikan Materi dari segi Pajak Negara.

Dalam Sosialisasi tersebut Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Andrianto Wicaksono, SE.AK., M.Sos menjelaskan Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan adalah Pajak Daerah yang didasarkan Undang Undang No 28 Tahun 2009 yang di perkuat dengan Peraturan Daerah No 08 Tahun 2011. Dalam Peraturan Bupati, di tetapkan untuk perhitungan berdasarkan harga patokan namun dengan adanya Undang Undang No 23 Tahun 2014 yang disebutkan pada lampirannya, Penetapan Harga Patokan Mineral Bukan Logam dan Batuan kewenangannya berada di Pemerintah Provinsi maka terbitlah Keputusan Gubernur Kalimantan Selatan No. 188.44/0282/KUM/2017 tentang Penetapan Harga Patokan Mineral Bukan Logam dan Batuan, yang perhitungannya berdasarkan Harga Rill, apabila Harga Mineral Bukan Logam dan Batuan lebih tinggi daripada Harga Patokan atau dengan Harga Patokan, apabila Harga Rill Mineral Bukan Logam dan Batuan lebih rendah daripada Harga Patokan.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini akan terjadi kesepahaman antara masyarakat atau Aparat Desa di kecamatan Kusan Hilir dengan Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daearah dalam memahami perhitungan dan pemungutan Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan (MBLB) terutama dalam Belanja Desa.