PBB One Day Service

Batulicin – Saat ini tuntutan pelayanan publik yang prima semakin dibutuhkan, citra pelayanan di sejumlah pemerintah daerah yang terkesan lambat dan berbelit-belit menjadi perhatian khusus  dalam proses reformasi birokrasi. Sehingga pelayanan publik yang efektif, efesien dan akurat terus diupayakan sebagai salah satu program Perbaikan pelayanan publik di Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD).

Peningkatan pelayanan publik khususnya pada pelayanan pembuatan Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaaan Perdesaan (PBB-P2) mulai bulan Agustus 2018 akan diterbitkan dalam 1 hari dengan ketentuan syarat pengajuan lengkap. Untuk pengurusan PBB tersebut syarat nya adalah :

  1. Surat kuasa dari Wajib Pajak (jika diwakilkan)
  2. Mengisi SPOP dan LSPOP dengan benar (formulir disediakan)
  3. Fotocopy KTP
  4. Fotocopy kepemilikan tanah
  5. Fotocopy jual beli jika kepemilikan tanah berbeda dengan ktp, dan
  6. Surat keterangan bebes sengketa dan harga tanah dari desa

Jika syarat lengkap, pemohon akan diarahkan ke petugas PBB untuk menentukan lokasi objek pajak selanjutnya diterbitkan Surat Pemberitahuan Pajak Daerah Terhutang (SPPDT) dan Wajib Pajak membayar tagihan sebesar nilai yang tertera di SPPDT pada Bank yang telah ditetapkan dan bukti pembayaran di bank tersebut akan di berikan Surat Tanda Setoran (STS) yang di validasi dengan tanda pelunasan.

Dengan di terapkan penerbitan PBB-P2 dalam jangka waktu 1 hari, diharapkan citra pelayanan publik di Tanah Bumbu khususnya di BPPRD semakin baik dan masyarakat menjadi senang dalam berusuan dengan pelayanan yang diberikan oleh petugas BPPRD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *